PENJELASAN TEORI 'JIKA'

8 August 2017, 12:50
Aris Setiadi
0
19
Penjelasan teori ‘JIKA’ dalam konsep ‘YIN YANG’

 
Seperti yang pernah disampaikan,setiap negara sebetulnya telah menentukan harga tertinggi dan terendahnya untuk mata uangnya masing-masing terhadap mata uang lainnya demi terjaganya keseimbangan.

Dan harga ini dipatok utk setiap tahunnya,sedangkan dalam satu tahun dibagi menjadi dua kali semester. Dalam satu semester dibagi lagi menjadi dua kali triwulan. Dalam satu kali triwulan mengandung unsur bulan,dalam satu bulan dibagi lagi menjadi empat kali minggu,dalam satu minggu dibagi menjadi lima kali hari,dalam satu hari dibagi menjadi 3 kali pasar global yaitu; asia, eropa dan amerika. Dalam setiap pasar dibagi lagi menjadi empat kali 4H dan dalam tiap 4H dibagi lagi menjadi 1H.

Nah,itu semua yang oleh para pelaku pasar disebut Timeframe (TF). Dalam setiap TF harga akan dibuka mulai dari tahun s/d 1H. dari harga pembukaan,harga harus menentukan  nilai tertinggi dan terendahnya. Dari harga-harga tersebutlah setiap negara menentukan arah dan pola perekonomiannya.

Contohnya Indonesia,pemerintah kita bisa menghitung dan menentukan anggaran belanjanya (APBN),bahkan RAPBN setiap lima tahun sekali yang jelas-jelas belum terjadi! Bagaimana atau darimana sumber penghitungannya jika tidak ada perencanaan sebelumnya? Jelas disini bahwa sebetulnya setiap negara telah menentukan batasan harganya. Dan ini berkaitan dengan segala kebijakan yang harus diatur dan dilakukan yang kemudian dituangkan dalam bentuk berita yang dikeluarkan. Setelah mengetahui fungsi berita,maka kita sudah tidak perlu lagi menganggap berita NFP atau FOMC sebagai berita yang menakutkan. Jika di ilustrasikan,kedua berita yang muncul setiap satu bulan sekali adalah seperti sebuah toko buku dimana toko tersebut banyak dikunjungi oleh calon pembeli. Tetapi tentu saja tidak semua orang yang datang lantas membeli buku, ada yang hanya melihat lihat saja. Maka setiap satu bulan sekali sang pemilik toko harus mengembalikan buku-buku ketempatnya semula agar rapi dan mempermudah calon pembeli untuk menemukan buku yang diperlukan. Demikian juga harga di pasar forex.

Satu tahun merupakan waktu perjalanan yang panjang yang harus dilalui langkah demi langkah,maka itulah sebabnya bentuk chart tidak berupa garis tegak lurus melainkan seperti yang tampak sekarang ini. Dan itu pula mengapa chart dibagi menjadi beberapa bagian TF mulai dari yang terkecil hingga yang besar. Alasannya karena cerita satu tahun penuh harus dilakukan oleh TF yang lebih kecil.

Jadi dalam hal ini kaitannya dengan teori ‘JIKA’ adalah bahwa jika open saat ini (dibaca terlebih dahulu) lebih besar dari open sebelumnya,maka trend akan bergerak naik. Atau sebaliknya! Akan tetapi teori ini akan gugur ketika harga pembukaan di TF yang lebih kecil bersamaan waktunya dengan TF yang lebih besar.

 Contohnya: candle 4H terdiri dari empat buah candle 1H. jika harga pembukaan candle ke empat 1H lebih besar dari candel 1H ke tiga,maka akan bergerak naik. Akan tetapi teori ini akan gugur jika harga pembukaan 4H saat ini lebih kecil dari harga pembukaan 4H sebelumnya. Demikian seterusnya….



TO BE CONTINUED….
Share it with friends: